Jumat, 17 April 2009

Jika Getaran Pelat Nomor Menyebalkan


Sebal rasanya mendengar bunyi gemeretak seperti pelat beradu kala berkendara. Usia mobil belum lama, sepertinya belum ada bagian bodi yang longgar, tapi dari mana asalnya bunyi mengganggu tersebut mengusik rasa penasaran kita di dalam mobil.

Ditelisik lebih jauh, ternyata asalnya dari pelat nomor yang beradu dengan bodi. Menyisakan sedikit jarak, karena getaran mesin dan jalan, membuat pelat beradu dengan bodi. Tak perlu buang uang dan tenaga untuk sekadar menghilangkan bunyi mengganggu ini. Prinsipnya pelat nomor dibuat menempel dengan bodi, atau sekalian menjauh agar saat terjadi getaran, pelat tak beradu dengan bodi.

Cara pertama sangat mudah, cukup menggunakan kunci 10 mm. Langsung saja kencangkan baut pemegang pelat nomor hingga menempel dengan bodi. Namun tak akan efektif untuk pelat nomor yang bentuknya sudah berantakan alias tidak rapi. Karena akan ada bagian plat nomor yang tidak langsung bersentuhan dengan bodi, akibatnya getaran masih terdengar. Atau ada juga yang menempelkan pelat dengan bodi menggunakan double tape, hanya saja saat melepas akan ada sisa double tape yang menempel dan terlihat kotor.

Cara kedua kini ada alternatif lain yang tak hanya mudah, namun juga murah. Itupun kalau memang sampai harus membeli materialnya. Gunakan slang karet yang diletakkan antara pelat nomor dan bodi. Ukurannya sesuaikan dengan besar baut yang dipakai. Murahnya kalau cukup mengandalkan slang bekas pakai. Seandainya harus membeli, harganya Rp 10 ribu untuk slang sepanjang 25 cm, itu juga masih tersisa banyak.


• Potong slang kira-kira sepanjang 0,5 cm
• Lalu letakan antara plat dan bodi, kemudian kencangkan. Perhatikan panjang baut pada pelat nomor.
• Kalu memang kurang panjang setelah karet terpasang, baut banyak tersedia di toko onderdil dengan harga RP 1.000 per buah dengan ukuran yang sedikit lebih panjang
• Tak perlu terlalu jauh , yang penting ada cukup ruang agar pelat tak langsung bersentuhan dengan bodi.


Coba goyang-goyangkan mobil atau jalankan lewat jalan rusak. Pastikan bunyi mengganggu itu hilang tanpa jejak. Samsul kini dapat menyetir tanpa gangguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar