Minggu, 19 April 2009

Deteksi Bunyi Aneh Pada Blok Tiger


Tebak-tebak bunyi rantai keteng Honda Tiger memang bikin gemes. Bunyinya macam-macam tergantung penyakitnya. Kadang ada suara tik..tik..tik, kalau yang ini bisa dipastikan karena rantai yang sudah kendur atau tensionernya yang sudah lemah. Tapi bila yang terdengar suara srek..srek..srek..., jangan-jangan gear rantai keteng bergesekan dengan cover penutupnya.

Cirinya, gear rantai keteng baret karena bergesekan dengan cover penutup bagian dalam. Gesekan ini bisa terjadi bila pemasangan camshaft atau noken as tidak benar, Pemasangan noken as disinyalir terlalu keluar.

Sehingga gear rantai keteng yang menempel pada noken as posisinya juga ikut terlalu keluar yang akhirnya bergesekan dengan cover penutupnya. Sebenarnya meski sedikit bergeser kerja noken as membuka dan menutup klep tidak akan terganggu. Tapi masalahnya jadi seperti yang sedang kita bahas ini, mucul bunyi aneh yang mengganggu.

Baiknya saat memasang noken as perhatikan kalau posisinya sudah benar-benar merapat di sisi tepat diatas rumah busi. Pastikan jangan ada celah sedikit pun

Noken as yang terlalu keluar ini juga pernah terjadi saat mengganti dengan noken as after market yang ternyata as nya lebih panjang dari standar.

Kalau memang mau mengganti dengan produk after market pastikan dulu panjangnya sama persis. Sedang bila masih menggunakan noken as standar dan terbukti pemasangannya terlalu keluar, perbaiki posisinya dengan membuka cover atas silinder head. Jangan dilakukan dengan memukul batang noken as

Kalau yang dipukul batang as nya lahernya cepat oblak. Karena sebenarnya yang perlu digeser adalah posisi lahernya bukan as nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar